RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD N 2 Kalibawang
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semeser : V / I
Pertemuan
ke :
Alokasi
waktu : 4
X 35 menit (1
X pertemuan)
Standar
Kompetensi : 7. Memahami
perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan
penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi
Dasar : 7.5
Mendeskripsikan perlunya penghematan air
Indikator
:
1. Menjelaskan cara menjernihkan air
2. Menyusun laporan percobaan penjernihan air
I. Tujuan
Pembelajaran :
1. Melalui percobaan siswa dapat menjelaskan cara menjernihkan air
2. Melalui percobaan siswa
menyusun laporan percobaan penjernihan air
II. Materi
ajar : Penjernihan Air
III. Metode
pembelajaran :
•
Tanya jawab
•
Percobaan
•
Pemberian tugas
•
Diskusi kunjung karya
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
1. Guru
menyampaikan salam
2.
Guru
memusatkan perhatian siswa dengan menunjukkan 1
botol air jernih dan 1 botol air kotor.
3.
Guru bertanya:
·
Apa perbedaan
air botol 1 dan air pada botol 2?
·
Apa ciri air
bersih?
·
Apa ciri air
kotor?
4. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
·
Melalui percobaan
siswa dapat menjelaskan
cara menjernihkan air
·
Melalui percobaan
siswa menyusun laporan percobaan
penjernihan air
5.
Guru mengajukan
pertanyaan awal rumusan masalah “ Bagaimana cara menjernihkan air ?
B. Kegiatan
Inti
Kegiatan I : (15 menit)
1.
Guru membagi
siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa
berdasarkan letak meja yang berdekatan.
2.
Tiap kelompok
tidak boleh beranggotakan hanya 1 jenis kelamin saja (laki-laki saja atau
perempuan saja)
3.
Tiap kelompok
tidak boleh beranggotakan hanya siswa yang pandai semua atau sebaliknya.
4.
Guru membagikan
gambar pencemaran sungai dan sumur.
5.
Siswa diminta
membuat 2 pertanyaan untuk gambar tersebut pada kertas post it.
6.
Siswa dalam
kelompok memilah pertanyaan-pertanyaan untuk ditempelkan pada kertas untuk
kolom perbedaan air bersih dan air kotor dengan kolom cara memperoleh air
bersih.
7.
Guru bersama
siswa mendiskusikan cara membuat air kotor menjadi bersih
Kegiatan 2 : (30 menit)
8.
Siswa
mempersiapkan percobaan penjernihan air
9.
Guru membagi alat
dan bahan yang akan digunakan untuk percobaan kepada masing-masing kelompok,
sambil mengenalkan nama-nama alat dan bahan tersebut.
10.
Guru menjelaskan urutan
langkah-langkah percobaan.
11.
Guru mengingatkan
agar siswa berhati-hati dalam bekerja.
12.
Guru membagikan
LK, siswa memulai percobaan.
Kegiatan 3 : (30 menit)
13.
Guru membagi
siswa dalam kelompok menadi berpasangan
14.
Guru membagikan
bahan bacaan dan daftar pertanyaan untuk diskusi
15.
Siswa pasangan P
membahas soal 1 dan 2, pasangan Q membahas soal 3 dan 4, pasangan R
membahas soal 5, 6, dan 7.
16.
Siswa diskusi
kelompok untuk menggabungkan hasil diskusi berpasangan dalam kelompok
17.
Siswa menyusun
kerangka laporan dengan mengatur urutan informasi yang akan menjadi
pendahuluan, inti, dan penutup
18.
Bersama-sama guru
dan siswa merumuskan kesimpulan hasil percobaan.
Kegiatan 4: (45 menit)
19.
Guru menjelaskan sistematika
penyusunan laporan percobaan.
20.
Siswa menyusun
laporan percobaan penjernihan air secara individu.
21.
Pemajangan hasil
laporan percobaan.
22.
Siswa melakukan
kunjung karya dengan cara kelompok 1 berkunjung ke kelompok 2, 2 ke 3, 3 ke 4
dan seterusnya.
C. Kegiatan
penutup ( 10 menit )
1.
Guru melakukan
refleksi :
2.
Guru melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan
pembelajaran dengan pertanyaan – pertanyaan sebagai berikut :
ü Kegiatan apa yang kamu lakukan tadi ?
ü Apa yang kalian dapatkan dari pembelajaran tadi ?
ü Kesulitan apa yang kalian temui ?
ü Hal apa yang membuat kamu senang ?
3. Menutup
pembelajaran hari ini.
V. Sumber
1. Modul Pelatihan Praktik yang Baik SD/MI III Unit 3c
2. Sumber :
Panut, Dunia Sains Untuk kelas V SD, Jakara: Yudhistira, 2005. Saran,
Purwo, S., Handayani, Sains 5 untuk kelas 5 Sekolah
Dasar dan Madrasah, Klaten: Sahabat, 2004
VI. Penilaian
:
·
Pengamatan
·
Penilaian unjuk
kerja (laporan)
Kalibawang, November 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
Arwa
Kinasih, S.Pd.SD Widiyanto, M.Pd
NIP.
19660725 199103 2 011 NIP.
197802062003121006
RUBRIK PENILAIAN LAPORAN HASIL PRAKTIK PENYARINGAN AIR
Petunjuk :
1.
Lakukan
praktik menyaring air keruh dengan menggunakan alat penyaringan, dari bahan
-bahan yang sudah disediakan !
2.
Lakukan
berulang sampai keadaan air jernih !
3.
Amati
perubahan warna dan bau air disetiap penyaringan !
4.
Susunlah
laporan hasil praktik tersebut sesuai dengan sistematika laporan yaitu
pendahuluan, isi dan penutup !
Aspek
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
3
|
2
|
1
|
|
Kelengkapan dan Kebenaran deskripsi terhadap proses
penyaringan air
|
Medeskripsikan proses penyaringan air
dengan lengkap dan benar
|
Medeskripsikan proses penyaringan air
kurang lengkap dan benar
|
Medeskripsikan proses penyaringan air dengan lengkap dan
tidak benar
|
Kejelasan penyusunan laporan
|
Penyusunan laporan jelas, dapat
dipahami, dan ditulis secara runtut.
|
Penyusunan laporan jelas, mudah
dipahami, tetapi penulisan kurang runtut.
|
Penyususnan laporan kurang jelas dan penulisan kurang
runtut.
|
Sistematika penulisan laporan
|
Penyusunan laporan lengkap sesuai
dengan sistematika laporan ( pendahuluan, isi, dan penutup)
|
Penyususan laporan kurang lengkap
hanya pendahuluan dan isi tanpa kesimpulan atau penutup.
|
Penyususnan laporan tidak sistematis
|