Selasa, 23 Februari 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah               : SD N 2 Kalibawang
Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semeser              : V / I
Pertemuan ke                :
Alokasi waktu                : 4 X 35 menit (1 X pertemuan)
Standar Kompetensi       : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan
  penggunaan sumber daya alam.
Kompetensi Dasar         : 7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air

Indikator :
1.       Menjelaskan cara menjernihkan air
2.       Menyusun laporan percobaan penjernihan air

I. Tujuan Pembelajaran :
1.       Melalui percobaan siswa dapat menjelaskan cara menjernihkan air
2.       Melalui percobaan siswa  menyusun laporan percobaan penjernihan air

II. Materi ajar : Penjernihan  Air


III. Metode pembelajaran :
          Tanya  jawab
          Percobaan
          Pemberian tugas
          Diskusi kunjung karya

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
1.       Guru menyampaikan salam
2.       Guru memusatkan perhatian siswa dengan menunjukkan 1 botol air jernih dan 1 botol air kotor.
3.       Guru bertanya:
·         Apa perbedaan air  botol 1  dan air pada botol 2?
·         Apa ciri air bersih?
·         Apa ciri air kotor?
4.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Melalui percobaan siswa dapat menjelaskan cara menjernihkan air
·         Melalui percobaan siswa  menyusun laporan percobaan penjernihan air
5.       Guru mengajukan pertanyaan awal rumusan masalah “ Bagaimana cara menjernihkan air ?

B. Kegiatan Inti
Kegiatan I : (15 menit)
1.       Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, tiap kelompok beranggotakan 4-5 siswa berdasarkan letak meja yang berdekatan.
2.       Tiap kelompok tidak boleh beranggotakan hanya 1 jenis kelamin saja (laki-laki saja atau perempuan saja)
3.       Tiap kelompok tidak boleh beranggotakan hanya siswa yang pandai semua atau sebaliknya.
4.       Guru membagikan gambar  pencemaran sungai dan sumur.
5.       Siswa diminta membuat 2 pertanyaan untuk gambar tersebut pada kertas post it.
6.       Siswa dalam kelompok memilah pertanyaan-pertanyaan untuk ditempelkan pada kertas untuk kolom perbedaan air bersih dan air kotor dengan kolom cara memperoleh air bersih.
7.       Guru bersama siswa mendiskusikan cara membuat air kotor menjadi bersih

Kegiatan 2 : (30 menit)
8.       Siswa mempersiapkan percobaan penjernihan air
9.       Guru membagi alat dan bahan yang akan digunakan untuk percobaan kepada masing-masing kelompok, sambil mengenalkan nama-nama alat dan bahan tersebut.
10.   Guru menjelaskan urutan langkah-langkah percobaan.
11.   Guru mengingatkan agar siswa berhati-hati dalam bekerja.
12.   Guru membagikan LK, siswa memulai percobaan.
Kegiatan 3 : (30 menit)
13.   Guru membagi siswa dalam kelompok menadi berpasangan
14.   Guru membagikan bahan bacaan dan daftar pertanyaan untuk diskusi
15.   Siswa pasangan P membahas soal 1 dan 2, pasangan Q membahas soal 3 dan 4, pasangan R membahas  soal 5, 6, dan 7.
16.   Siswa diskusi kelompok untuk menggabungkan hasil diskusi berpasangan dalam kelompok
17.   Siswa menyusun kerangka laporan dengan mengatur urutan informasi yang akan menjadi pendahuluan, inti, dan penutup
18.   Bersama-sama guru dan siswa merumuskan kesimpulan hasil percobaan.
Kegiatan 4: (45 menit)
19.   Guru menjelaskan sistematika penyusunan laporan percobaan.
20.   Siswa menyusun laporan percobaan penjernihan air secara individu.
21.   Pemajangan hasil laporan percobaan.
22.   Siswa melakukan kunjung karya dengan cara kelompok 1 berkunjung ke kelompok 2, 2 ke 3, 3 ke 4 dan seterusnya.

C. Kegiatan penutup ( 10 menit )
1.       Guru melakukan refleksi :
2.       Guru  melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan pembelajaran dengan pertanyaan – pertanyaan sebagai berikut :
ü  Kegiatan apa yang kamu lakukan tadi ?
ü  Apa yang kalian dapatkan dari pembelajaran tadi ?
ü  Kesulitan apa yang kalian temui ?
ü  Hal apa yang membuat kamu senang ?

3.       Menutup pembelajaran hari ini.

V. Sumber
1.       Modul Pelatihan Praktik yang Baik SD/MI III Unit 3c
2.       Sumber : Panut, Dunia Sains Untuk kelas V SD, Jakara: Yudhistira, 2005. Saran, Purwo, S., Handayani, Sains 5 untuk kelas 5 Sekolah Dasar dan Madrasah, Klaten: Sahabat, 2004

VI. Penilaian :
·         Pengamatan
·         Penilaian unjuk kerja (laporan)

Kalibawang,  November 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                         Guru Kelas



Arwa Kinasih, S.Pd.SD                                                              Widiyanto, M.Pd
NIP. 19660725 199103 2 011                                                      NIP. 197802062003121006



RUBRIK PENILAIAN LAPORAN HASIL PRAKTIK PENYARINGAN AIR

Petunjuk :
1.         Lakukan praktik menyaring air keruh dengan menggunakan alat penyaringan, dari bahan -bahan yang sudah disediakan !
2.         Lakukan berulang sampai keadaan air jernih !
3.         Amati perubahan warna dan bau air disetiap penyaringan !
4.         Susunlah laporan hasil praktik tersebut sesuai dengan sistematika laporan yaitu pendahuluan, isi dan penutup !

Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
3
2
1
Kelengkapan dan Kebenaran deskripsi terhadap proses penyaringan air
Medeskripsikan proses penyaringan air dengan lengkap dan benar
Medeskripsikan proses penyaringan air kurang lengkap dan benar
Medeskripsikan proses penyaringan air dengan lengkap dan tidak benar
Kejelasan penyusunan laporan
Penyusunan laporan jelas, dapat dipahami, dan ditulis secara runtut.
Penyusunan laporan jelas, mudah dipahami, tetapi penulisan kurang runtut.
Penyususnan laporan kurang jelas dan penulisan kurang runtut.
Sistematika penulisan laporan
Penyusunan laporan lengkap sesuai dengan sistematika laporan ( pendahuluan, isi, dan penutup)
Penyususan laporan kurang lengkap hanya pendahuluan dan isi tanpa kesimpulan atau penutup.
Penyususnan laporan tidak sistematis


      LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR JENJANG SE...