Jumat, 27 Januari 2023

 

 

 

 

 


LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI

 

 

 

PELATIHAN MANDIRI MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

TOPIK KURIKULUM MERDEKA

 TANGGAL 14 OKTOBER – 2 NOVEMBER 2022

 

 

 

 

 

WIDIYANTO, S.Pd., M.Pd

NIP : 19780206 200312 1 006

 

 

 

PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO

DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA

SD N  KALIALANG

Dsn. Mirombo, Ds. Kalialang, Kec. Kalibawang

 

 

IDENTITAS GURU

 

Nama                                 : Widiyanto,S.Pd. M.Pd

NIP/Nomor Seri Karpeg    : 19780206 200312 1 006 / M 048899

Tempat Tanggal Lahir       : Wonosobo, 6 Februari 1978

Jenis Kelamin                    : Laki-laki

Pangkat/Gol Ruang/TMT : Penata Tk I, III/d. TMT: 01-04-2022

Jabatan                               : Guru Muda / Kepala Sekolah

Unit Kerja                          : SD Negeri Kalialang

Alamat Sekolah                 : Dk. Mirombo, Ds. Kalialang, Kec. Kalibawang

Alamat Rumah                  : Dk. Mijen 003/002 Depok, Kalibawang 56375

Telp                                    : (0286) 3399089

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGESAHAN

 

Nama

:

Widiyanto, S.Pd., M.Pd

NIP

:

19780206 200312 1 006

Tempat/Tgl. Lahir

:

Wonosobo, 06 Februari 1978

Pangkat/Gol.Ruang

:

Penata Tingkat I, III/d

Jabatan

:

Guru Muda

Unit Kerja

:

SD Negeri Kalialang

 

 

            Kalibawang,  21 November 2022

Mengetahui                                                    

Korwil Bidang  Pendidikan                                                   Peserta Diklat

Kecamatan Kalibawang

 

 

Agus Heri Haryono, S.Pd. MM.Pd                                       Widiyanto, S.Pd., M.Pd

NIP. 19680427 199010 1 001                                                            NIP. 19780206 200312 1 006           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

A.      PELATIHAN MANDIRI MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TOPIK KURIKULUM MERDEKA

 

 

I.         BAGIAN AWAL

1.         Judul kegiatan

       Kegiatan yang diikuti adalah Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemedikbudristek.

 

2.         Waktu Pelaksanaan

       Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemedikbudristek dilaksanakan tanggal 14 Oktober s.d 2 November 2022.

 

3.         Narasumber

1.    Itje Chodhijah

2.    Mustafa

 

4.         Tempat Kegiatan

       Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemedikbudristek dilaksanakan secara online menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM).

 

5.         Lama kegiatan

       Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemedikbudristek dilaksanakan sejak tanggal 14 Oktober 2022 s.d 2 November 2022 dengan jumlah jam sebanyak 30 JP.

 

6.         Penyelenggara

       Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemedikbudristek.

 

 

7.         Surat Penugasan dan Jadwal Kegiatan

       Terlampir.

 

8.         Fotokopi Sertifikat atau Keterangan dari Pelaksana Kegiatan

       Terlampir.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

II.      BAGIAN ISI

1.         Tujuan Kegiatan

Kurikulum Merdeka dirancang sebagai bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama kita hadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi. Krisis ini ditandai oleh rendahnya hasil belajar peserta didik, bahkan dalam hal yang mendasar seperti literasi membaca. Krisis belajar juga ditandai oleh ketimpangan kualitas belajar yang lebar antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi.

Tentu, pemulihan sistem pendidikan dari krisis belajar tidak bisa diwujudkan melalui perubahan kurikulum saja. Diperlukan juga berbagai upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah, pendampingan bagi pemerintah daerah, penataan sistem evaluasi, serta infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil. Namun kurikulum juga memiliki peran penting. Kurikulum berpengaruh besar pada apa yang diajarkan oleh guru, juga pada bagaimana materi tersebut diajarkan. Karena itu, kurikulum yang dirancang dengan baik akan mendorong dan memudahkan guru untuk mengajar dengan lebih baik.

 

2.      Materi

Materi Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka sebagai berikut:

a)      Kurikulum

b)      Pembelajaran dengan Paradigma Baru

c)      Aksi Nyata Topik Kurikulum

d)      Belajar Sinkronus Topik Kurikulum

 

3.      Tindak Lanjut

Tindak lanjut Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka adalah:

a)      Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran

Capaian Pembelajaran (CP) adalah kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk narasi. Menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian pembelajaran dibagi dalam fase usia.

 

b)      Perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik

Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik. Hasilnya digunakan pendidik sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Dalam kondisi tertentu, informasi terkait latar belakang keluarga, kesiapan belajar, motivasi belajar, minat peserta didik, dan informasi lain dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan pembelajaran.

 

c)      Mengembangkan modul ajar

Pengembangan modul ajar bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran. Modul ajar yang dikembangkan harus bersifat esensial; menarik, bermakna, dan menantang; relevan dan kontekstual; dan berkesinambungan.

 

d)     Penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik

Pembelajaran paradigma baru berpusat pada peserta didik. Karena itu, pembelajaran ini disesuaikan dengan tahapan pencapaian dan karakteristik peserta didik. Ruang lingkup materi pembelajaran adalah apa yang akan diajarkan oleh pendidik di kelas atau apa yang akan dipelajari oleh peserta didik di kelas. Selanjutnya pendidik menyesuaikan proses pembelajaran, menyesuaikan produk hasil belajar, dan mengkondisikan lingkungan belajar.

 

e)      Perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif

Dalam merencanakan dan melaksanakan asesmen, terdapat lima prinsip asesmen yang hendaknya diperhatikan. Prinsip pertama adalah asesmen sebagai bagian terpadu dari proses pembelajaran, memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai umpan balik. Yang kedua adalah asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan fungsi asesmen dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan asesmen. Ketiga, asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat dipercaya (reliable). Keempat laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta didik bersifat sederhana dan informatif. Terakhir, hasil asesmen digunakan oleh peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua.

 

f)       Pelaporan kemajuan belajar

Bentuk Pelaporan hasil belajar yang efektif adalah pelaporan yang melibatkan orang tua peserta didik, peserta didik dan pendidik sebagai partner; merefleksikan nilai-nilai yang dianut oleh sekolah; menyeluruh, jujur, adil dan dapat dipertanggung jawabkan; jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak.

 

g)      Evaluasi pembelajaran dan asesmen

Pembelajaran dan asesmen yang sudah dilaksanakan selanjutnya dievaluasi. Pendidik melakukan refleksi pembelajaran dan asesmen pada masing-masing modul ajar.  Setelah itu pendidik mengidentifikasi apa saja yang sudah berhasil dan apa saja yang perlu diperbaiki. Dengan mengidentifikasi hal tersebut maka modul ajar dapat disempurnakan kembali.

 

4.      Dampak

Hasil yang diharapkan pada Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka adalah bahwa kurikulum merdeka diharapkan bisa mengatasi krisis pendidikan di Indonesia dengan membentuk generasi yang adaptif terhadap perubahan zaman.

Adapun dampak positif dari dilaksanakannya Kurikulum Merdeka ini adalah sebagai berikut:

a)      Menciptakan Ruang Pembelajaran yang Positif

Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan pembelajaran yang esensial dan sesuai dengan minat atau bakat peserta didik. Ternyata, konsep pembelajaran esensial ini menghasilkan interaksi yang membangun, sehingga terbentuk ruang belajar yang lebih positif, di mana guru teach at the right level dan peserta didik get knowledge at the right level.

b)      Mengubah Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Baik

Salah satu keunikan Kurikulum Merdeka ini adalah memuat beberapa episode dengan fokus program yang berbeda-beda namun tetap sinergis. Sinergitas ini mampu mengubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

 

c)      Menghasilkan Guru yang Lebih Kompeten

Program Guru Penggerak merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membentuk guru-guru yang berkompeten dan bisa terus berkembang seiring tuntutan zaman. Itu artinya, Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi peserta didik, namun juga fokus pada pengembangan kompetensi guru.

 

5.      Penutup

Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka diharapkan mampu mengembangkan kompetensi para peserta didik. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, di mana kurikulum ini lebih menekankan pada kebebasan peserta didik. Kurikulum ini juga memudahkan para guru dalam memberikan pembelajaran kepada peserta didik.

 

 

Kalibawang, 2 Desember 2022

Mengetahui:

Korwilbidikcam Kalibawang

 

 

 

 

AGUS HERI HARYONO,S.Pd.MM.Pd

NIP. 196804271990101001

 

Peserta,

 

 

 

 

WIDIYANTO, S.Pd., M.d

NIP. 19780206 200312 1 006

 

 

 

 

 

 

 

 

 


III.             BAGIAN AKHIR

 

MATRIKS RINGKASAN  PELAKSANAAN PELATIHAN

Tanggal : 11 sd 15 Mei 2020

 

No.

Nama Kegiatan

Peran Guru

Penyelenggara Kegiatan

Tempat Kegiatan

Waktu/ Jam PD

Fasilitator

Dampak

1

Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kurikulum Merdeka

Peserta

Penyelenggara diklat adalah Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jakarta dengan Paltform PMM

14 Oktober sd 2 November 2022

 

30 jam

@ 45 menit

Itje Chodhijah

Mustafa

Hasil yang diharapkan pada Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka adalah bahwa kurikulum merdeka diharapkan bisa mengatasi krisis pendidikan di Indonesia dengan membentuk generasi yang adaptif terhadap perubahan zaman.

Adapun dampak positif dari dilaksanakannya Kurikulum Merdeka ini adalah sebagai berikut:

a)         Menciptakan Ruang Pembelajaran yang Positif

Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan pembelajaran yang esensial dan sesuai dengan minat atau bakat peserta didik. Ternyata, konsep pembelajaran esensial ini menghasilkan interaksi yang membangun, sehingga terbentuk ruang belajar yang lebih positif, di mana guru teach at the right level dan peserta didik get knowledge at the right level.

b)         Mengubah Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Baik

Salah satu keunikan Kurikulum Merdeka ini adalah memuat beberapa episode dengan fokus program yang berbeda-beda namun tetap sinergis. Sinergitas ini mampu mengubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas.

c)         Menghasilkan Guru yang Lebih Kompeten

Program Guru Penggerak merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membentuk guru-guru yang berkompeten dan bisa terus berkembang seiring tuntutan zaman. Itu artinya, Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi peserta didik, namun juga fokus pada pengembangan kompetensi guru.


BUKTI FISIK KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

NO.

KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

BUKTI FISIK

1

Pelatiham Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kurikulum Merdeka

1.    Surat Tugas

2.    Fotokopi  Sertifikat

3.    Laporan Kegiatan

 

 

 


Tidak ada komentar:

      LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR JENJANG SE...