LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI
PELATIHAN MANDIRI MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
TOPIK KURIKULUM MERDEKA
TANGGAL 14 OKTOBER – 2 NOVEMBER 2022
WIDIYANTO, S.Pd.,
M.Pd
NIP : 19780206 200312 1 006
PEMERINTAH KABUPATEN WONOSOBO
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAH RAGA
SD N KALIALANG
Dsn. Mirombo, Ds. Kalialang, Kec. Kalibawang
IDENTITAS GURU
Nama :
Widiyanto,S.Pd. M.Pd
NIP/Nomor Seri Karpeg : 19780206 200312 1 006 / M 048899
Tempat Tanggal Lahir : Wonosobo, 6 Februari 1978
Jenis Kelamin :
Laki-laki
Pangkat/Gol Ruang/TMT : Penata Tk I, III/d. TMT: 01-04-2022
Jabatan :
Guru Muda / Kepala
Sekolah
Unit Kerja :
SD Negeri Kalialang
Alamat Sekolah :
Dk. Mirombo, Ds. Kalialang, Kec. Kalibawang
Alamat Rumah :
Dk. Mijen 003/002 Depok, Kalibawang 56375
Telp :
(0286) 3399089
LEMBAR PENGESAHAN
Nama |
: |
Widiyanto, S.Pd., M.Pd |
NIP |
: |
19780206 200312 1 006 |
Tempat/Tgl. Lahir |
: |
Wonosobo, 06 Februari 1978 |
Pangkat/Gol.Ruang |
: |
Penata Tingkat I, III/d |
Jabatan |
: |
Guru Muda |
Unit Kerja |
: |
SD
Negeri Kalialang |
Kalibawang, 21
November 2022
Mengetahui
Korwil Bidang
Pendidikan
Peserta
Diklat
Kecamatan Kalibawang
Agus Heri Haryono, S.Pd. MM.Pd Widiyanto,
S.Pd., M.Pd
NIP. 19680427 199010 1 001 NIP. 19780206
200312 1 006
A. PELATIHAN
MANDIRI MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR TOPIK KURIKULUM MERDEKA
I.
BAGIAN AWAL
1.
Judul
kegiatan
Kegiatan
yang diikuti adalah Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik
Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemedikbudristek.
2.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
Pelatihan Mandiri
Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang diselenggarakan
oleh Kemedikbudristek dilaksanakan tanggal 14 Oktober s.d 2 November 2022.
3.
Narasumber
1.
Itje Chodhijah
2.
Mustafa
4.
Tempat
Kegiatan
Kegiatan
Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang
diselenggarakan oleh Kemedikbudristek dilaksanakan secara online
menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM).
5.
Lama
kegiatan
Kegiatan
Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang
diselenggarakan oleh Kemedikbudristek dilaksanakan sejak tanggal 14
Oktober 2022 s.d
2 November 2022 dengan jumlah jam sebanyak 30 JP.
6.
Penyelenggara
Kegiatan
Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka yang
diselenggarakan oleh Kemedikbudristek.
7.
Surat
Penugasan dan Jadwal Kegiatan
Terlampir.
8.
Fotokopi
Sertifikat atau Keterangan dari Pelaksana Kegiatan
Terlampir.
II. BAGIAN
ISI
1.
Tujuan Kegiatan
Kurikulum Merdeka dirancang sebagai
bagian dari upaya Kemendikbudristek untuk mengatasi krisis belajar yang telah lama
kita hadapi, dan menjadi semakin parah karena pandemi. Krisis ini ditandai oleh
rendahnya hasil belajar peserta didik, bahkan dalam hal yang mendasar seperti
literasi membaca. Krisis belajar juga ditandai oleh ketimpangan kualitas
belajar yang lebar antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi.
Tentu, pemulihan sistem pendidikan dari
krisis belajar tidak bisa diwujudkan melalui perubahan kurikulum saja.
Diperlukan juga berbagai upaya penguatan kapasitas guru dan kepala sekolah,
pendampingan bagi pemerintah daerah, penataan sistem evaluasi, serta
infrastruktur dan pendanaan yang lebih adil. Namun kurikulum juga memiliki
peran penting. Kurikulum berpengaruh besar pada apa yang diajarkan oleh guru,
juga pada bagaimana materi tersebut diajarkan. Karena itu, kurikulum yang
dirancang dengan baik akan mendorong dan memudahkan guru untuk mengajar dengan
lebih baik.
2.
Materi
Materi Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar
Topik Kuriulum Merdeka sebagai berikut:
a)
Kurikulum
b)
Pembelajaran dengan Paradigma Baru
c)
Aksi Nyata Topik Kurikulum
d)
Belajar Sinkronus Topik Kurikulum
3.
Tindak Lanjut
Tindak lanjut Kegiatan
Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka adalah:
a)
Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP)
untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran
Capaian Pembelajaran (CP) adalah
kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta didik pada setiap tahap
perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan usia dini,
pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Capaian pembelajaran memuat sekumpulan
kompetensi dan lingkup materi yang disusun secara komprehensif dalam bentuk
narasi. Menyesuaikan tahap perkembangan peserta didik pemetaan capaian
pembelajaran dibagi dalam fase usia.
b)
Perencanaan dan pelaksanaan asesmen
diagnostik
Asesmen diagnostik bertujuan untuk
mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik. Hasilnya
digunakan pendidik sebagai rujukan dalam merencanakan pembelajaran sesuai
dengan kebutuhan pembelajaran peserta didik. Dalam kondisi tertentu, informasi
terkait latar belakang keluarga, kesiapan belajar, motivasi belajar, minat
peserta didik, dan informasi lain dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan
dalam merencanakan pembelajaran.
c)
Mengembangkan modul ajar
Pengembangan modul ajar bertujuan untuk
mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran.
Modul ajar yang dikembangkan harus bersifat esensial; menarik, bermakna, dan
menantang; relevan dan kontekstual; dan berkesinambungan.
d)
Penyesuaian pembelajaran dengan tahap
capaian dan karakteristik peserta didik
Pembelajaran paradigma baru berpusat
pada peserta didik. Karena itu, pembelajaran ini disesuaikan dengan tahapan
pencapaian dan karakteristik peserta didik. Ruang lingkup materi pembelajaran
adalah apa yang akan diajarkan oleh pendidik di kelas atau apa yang akan
dipelajari oleh peserta didik di kelas. Selanjutnya pendidik menyesuaikan
proses pembelajaran, menyesuaikan produk hasil belajar, dan mengkondisikan
lingkungan belajar.
e)
Perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan
asesmen formatif dan sumatif
Dalam merencanakan dan melaksanakan
asesmen, terdapat lima prinsip asesmen yang hendaknya diperhatikan. Prinsip
pertama adalah asesmen sebagai bagian terpadu dari proses pembelajaran,
memfasilitasi pembelajaran, dan menyediakan informasi yang holistik sebagai
umpan balik. Yang kedua adalah asesmen dirancang dan dilakukan sesuai dengan
fungsi asesmen dengan keleluasaan untuk menentukan teknik dan waktu pelaksanaan
asesmen. Ketiga, asesmen dirancang secara adil, proporsional, valid, dan dapat
dipercaya (reliable). Keempat laporan kemajuan belajar dan pencapaian peserta
didik bersifat sederhana dan informatif. Terakhir, hasil asesmen digunakan oleh
peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan orang tua.
f)
Pelaporan kemajuan belajar
Bentuk Pelaporan hasil belajar yang
efektif adalah pelaporan yang melibatkan orang tua peserta didik, peserta didik
dan pendidik sebagai partner; merefleksikan nilai-nilai yang dianut oleh
sekolah; menyeluruh, jujur, adil dan dapat dipertanggung jawabkan; jelas dan mudah
dipahami oleh semua pihak.
g)
Evaluasi pembelajaran dan asesmen
Pembelajaran dan asesmen yang sudah
dilaksanakan selanjutnya dievaluasi. Pendidik melakukan refleksi pembelajaran
dan asesmen pada masing-masing modul ajar.
Setelah itu pendidik mengidentifikasi apa saja yang sudah berhasil dan
apa saja yang perlu diperbaiki. Dengan mengidentifikasi hal tersebut maka modul
ajar dapat disempurnakan kembali.
4.
Dampak
Hasil yang diharapkan pada Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui
Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka adalah bahwa kurikulum merdeka diharapkan bisa mengatasi
krisis pendidikan di Indonesia dengan membentuk generasi yang adaptif terhadap
perubahan zaman.
Adapun dampak positif dari dilaksanakannya Kurikulum
Merdeka ini adalah sebagai berikut:
a) Menciptakan
Ruang Pembelajaran yang Positif
Implementasi Kurikulum Merdeka mengedepankan pembelajaran
yang esensial dan sesuai dengan minat atau bakat peserta didik. Ternyata,
konsep pembelajaran esensial ini menghasilkan interaksi yang membangun,
sehingga terbentuk ruang belajar yang lebih positif, di mana guru teach at the
right level dan peserta didik get knowledge at the right level.
b) Mengubah
Sistem Pendidikan Menjadi Lebih Baik
Salah satu keunikan Kurikulum Merdeka ini adalah memuat
beberapa episode dengan fokus program yang berbeda-beda namun tetap sinergis.
Sinergitas ini mampu mengubah sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik
dan berkualitas.
c) Menghasilkan
Guru yang Lebih Kompeten
Program Guru Penggerak merupakan bagian dari upaya
pemerintah untuk membentuk guru-guru yang berkompeten dan bisa terus berkembang
seiring tuntutan zaman. Itu artinya, Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada
peningkatan kompetensi peserta didik, namun juga fokus pada pengembangan
kompetensi guru.
5.
Penutup
Kegiatan Pelatihan
Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kuriulum Merdeka diharapkan mampu mengembangkan kompetensi para peserta didik.
Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, di mana kurikulum ini lebih menekankan
pada kebebasan peserta didik. Kurikulum ini juga memudahkan para guru dalam
memberikan pembelajaran kepada peserta didik.
|
Kalibawang, 2 Desember
2022 |
Mengetahui: Korwilbidikcam
Kalibawang AGUS HERI HARYONO,S.Pd.MM.Pd NIP.
196804271990101001 |
Peserta, WIDIYANTO, S.Pd.,
M.d NIP. 19780206
200312 1 006 |
|
|
III.
BAGIAN AKHIR
MATRIKS RINGKASAN PELAKSANAAN
PELATIHAN
Tanggal : 11 sd 15 Mei 2020
No. |
Nama Kegiatan |
Peran
Guru |
Penyelenggara Kegiatan |
Tempat Kegiatan |
Waktu/ Jam PD |
Fasilitator |
Dampak |
1 |
Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kurikulum
Merdeka |
Peserta |
Penyelenggara diklat adalah
Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. |
Jakarta dengan Paltform PMM |
14 Oktober sd 2 November 2022 30 jam @ 45 menit |
Itje Chodhijah Mustafa |
Hasil yang
diharapkan pada Kegiatan Pelatihan Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar
Topik Kuriulum Merdeka adalah bahwa kurikulum merdeka diharapkan bisa
mengatasi krisis pendidikan di Indonesia dengan membentuk generasi yang
adaptif terhadap perubahan zaman. Adapun dampak
positif dari dilaksanakannya Kurikulum Merdeka ini adalah sebagai berikut: a) Menciptakan Ruang Pembelajaran yang
Positif Implementasi
Kurikulum Merdeka mengedepankan pembelajaran yang esensial dan sesuai dengan
minat atau bakat peserta didik. Ternyata, konsep pembelajaran esensial ini
menghasilkan interaksi yang membangun, sehingga terbentuk ruang belajar yang
lebih positif, di mana guru teach at the right level dan peserta didik get
knowledge at the right level. b) Mengubah Sistem Pendidikan Menjadi
Lebih Baik Salah satu
keunikan Kurikulum Merdeka ini adalah memuat beberapa episode dengan fokus
program yang berbeda-beda namun tetap sinergis. Sinergitas ini mampu mengubah
sistem pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan berkualitas. c) Menghasilkan Guru yang Lebih Kompeten Program Guru
Penggerak merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk membentuk guru-guru
yang berkompeten dan bisa terus berkembang seiring tuntutan zaman. Itu
artinya, Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada peningkatan kompetensi
peserta didik, namun juga fokus pada pengembangan kompetensi guru. |
BUKTI
FISIK KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
NO. |
KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI |
BUKTI FISIK |
1 |
Pelatiham Mandiri Melalui Platform Merdeka Mengajar Topik Kurikulum
Merdeka |
1.
Surat Tugas 2.
Fotokopi
Sertifikat 3.
Laporan Kegiatan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar