Kamis, 06 Desember 2012
Laporan Kondisi KIT IPA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Guru memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebagai sentral dalam proses pembelajaran guru perlu meningkatkan kegiatan belajar dan mengajar di kelas. Di tingkat SD pola pikir sisa tentang suatu pengetahuan sampai ketingkat yang lebih tinggi. Untuk memacu kualitas siswa diperlukan kemampuan kritis. Salah satu mata pelajaran yang dapat memacu kemampuan kritis siswa adalah IPA (Sidharta 1990 : 1).
IPA merupakan mapel yang dimaksudkan agar siswa mempunyai pengetetahuan, gagasan, dan konsep – konsep yang terorganisasi dengan alam sekitar yang diperoleh melalui serangkaian proses ilmiah antara lain penyelidikan, penyusunan dan pengkajian.
Menurut penelitian mengungkapkan bahwa tingkat penguasaan IPA baru mencapai separuh dari tuntutan kurikulum yang ideal. Untuk menyelesaikan persoalan tersebut, Depdiknas memberikan proyek pengadaan peralatan IPA SD yang berupa Komponen Instrumen Terpadu (KIT) IPA SD serta buku pedoman penggunaanya. Dengan KIT IPA diharapkan dapat memacu proses dan hasil belajar siswa dengan kondisi dinamis, kreatif, dan relevan dengan kehidupan sehari – hari. Pembelajaran IPA selama ini banyak dilaksanakan dengan mengandalkan olah kata yang bersumber pada buku dan guru. Media KIT IPA yang dirancang untuk memudahkan siswa dalam mengaitkan langsung konsep – konsep pelajaran dengan alam sekitar, ternyata hanya tampak sebagai pajangan sekolah belaka. Mengingat media KIT IPA yang dapat mendukung tercapainya tujuan pembelajaran ,serta peran media dalam menunjang proses pembelajaran, maka penulis mencoba untuk meneliti “ Kondisi KIT IPA dan Penggunaannya dalam Pembelajaran IPA di SD N 2 Kalibawang, Wonosobo “.
B. Tujuan
Penyusunan laporan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengembangan Pembelajaran IPA. Tujuan khusus pembuatan laporan ini untuk mengetahui kondisi dan intensitas penggunaan KIT IPA di SD Negeri 2 Kalibawang, Kabupaten Wonosobo.
C. Manfaat
Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengingatkan kembali kepada guru tentang pentingnya penggunaan KIT IPA SD dalam pembelajaran agar konsep yang diberikan kepada siswa dapat diterima dengan baik yang pada akhirnya prestasi belajar siswa meningkat.
BAB II
HASIL PENGAMATAN
A. Tempat dan Waktu Pengamatan
Tempat : Ruang Perpustakaan SD N 2 Kalibawang, Wonosobo
Hari/tanggal : Sabtu, 3 November 2012
Waktu : 08.00 s/d 10.00 WIB
B. Alat dan Bahan Pengamatan
1. Meja berjalan
2. Kertas HVS
3. Ballpoint
4. Penggaris
5. Kamera Digital
C. Keadaan KIT IPA SD N 2 Kalibawang, Wonosobo
Jumlah : 2 unit
Diterima : 4 Februari 2002
Dari dua unit KIT IPA SD yang diberikan, sampai saat ini kondisi riil di SD N 2 Kalibawang, satu unit keadaanya masih utuh/lengkap dan sangat bagus, tidak kurang apapun. Melihat kondisinya, pengamat menduga bahwa satu unit KIT IPA ini belum pernah digunakan.
Sedangkan satu unit lagi kondisinya sudah tidak lengkap. Ada dua kemungkinan yang dapat pengamat duga. Pertama, KIT ini sering digunakan tetapi setelah selesai kegiatan tidak disimpan sesuai tata letak yang benar sehingga banyak jenis dan spesifikasi yang hilang. Kedua, KIT tidak pernah digunakan. Tetapi karena diletakkan di ruang perpustakaan sekolah sehingga banyak hilang diambil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Secara lengkap kondisi KIT IPA di SD N 2 Kalibawang, Wonosobo dapat diuraikan sebagai berikut :
Tabel 1 :
Daftar Jenis dan Spesifikasi Teknis Peralatan KIT IPA SD Unit 1
Di SD N 2 Kalibawang, Wonosobo
No Nama Alat Jumlah Normal Kondisi Sekarang
Ada Tidak
1 Rumah baterai 1
2 Dudukan lampu 2
3 Kotak resonansi 1
4 Kubus kayu 1
5 Kubus aluminium 1
6 Dudukan batang muai 1
7 Zat pewarna 1
8 Larutan lugol/iodium tingtur 1
9 Jembatan pembakar 1
10 Pembakar spiritus 1
11 Pipet 1
12 Gelas kimia 1
13 Pipa teropong 1
14 Gantunan hampa udara 1
15 Sumbat karet 1
16 Corong 1
17 Tabung erlenmeyer 1
18 Batang pengatur nada 2
19 Pengatur tinggi rendag bunyi 1
20 Bejana serba guna 1
21 Kartu karton 1
22 Cermin 1
23 Kartu plastik transparan 1
24 Katrol tunggal 1
25 Tutup gelas kimia 1
26 Tabung reaksi pyrex 1
27 Penjebit tabung reaksi 1
28 Lempeng aluminium anak timbangan 10
29 Anak kubus timbangan 10
30 Anak timbangan 1
31 Balon 4
32 Mur baut batang muai 2
33 Magnet jarum kompas 1
34 Jarum pentul 3
35 Bola lampu 2
36 Tali 1
37 Kawat tembaga 1
38 Kelereng 1
39 Pipa tiup balon 1
41 Tabung pendengar 2
42 Kotak anak timbangan 1
43 Pipa kaca 1
44 Termometer batang 1
45 Tiang neraca 1
46 Gantungan piring neraca 2
47 Piring neraca 2
48 Garpu tala 1
49 Lensa cembung 1
50 Lengan neraca setimbang 1
51 Penyetimbang lengan neraca 1
52 Pompa plastik 2
53 Lengan neraca beralur 1
54 Magnet batang 2
55 Kereta mini 2
56 Dudukan neraca beralur 1
57 Turbin dan rumah turbin 1
58 Selang plastik 2
59 Batang penunjuk muai 1
60 Dasar kompas 1
61 Pengapung magnet 2
62 Batang muai 1
63 Kompas 1
64 Kabel listrik dan jepitan mulut buaya 5
65 Batang bayang – bayang 1
67 Katrol ganda 1
68 Saklar 1
Tabel 2 :
Daftar Jenis dan Spesifikasi Teknis Peralatan KIT IPA SD Unit 2
Di SD N 2 Kalibawang, Wonosobo
No Nama Alat Jumlah Normal Kondisi Sekarang
Ada Tidak
1 Rumah baterai 1
2 Dudukan lampu 2
3 Kotak resonansi 1
4 Kubus kayu 1
5 Kubus aluminium 1
6 Dudukan batang muai 1
7 Zat pewarna 1
8 Larutan lugol/iodium tingtur 1
9 Jembatan pembakar 1
10 Pembakar spiritus 1
11 Pipet 1
12 Gelas kimia 1
13 Pipa teropong 1
14 Gantunan hampa udara 1
15 Sumbat karet 1
16 Corong 1
17 Tabung erlenmeyer 1
18 Batang pengatur nada 2
19 Pengatur tinggi rendag bunyi 1
20 Bejana serba guna 1
21 Kartu karton 1
22 Cermin 1
23 Kartu plastik transparan 1
24 Katrol tunggal 1
25 Tutup gelas kimia 1
26 Tabung reaksi pyrex 1
27 Penjebit tabung reaksi 1
28 Lempeng aluminium anak timbangan 10
29 Anak kubus timbangan 10
30 Anak timbangan 1
31 Balon 4
32 Mur baut batang muai 2
33 Magnet jarum kompas 1
34 Jarum pentul 3
35 Bola lampu 2
36 Tali 1
37 Kawat tembaga 1
38 Kelereng 1
39 Pipa tiup balon 1
41 Tabung pendengar 2
42 Kotak anak timbangan 1
43 Pipa kaca 1
44 Termometer batang 1
45 Tiang neraca 1
46 Gantungan piring neraca 2
47 Piring neraca 2
48 Garpu tala 1
49 Lensa cembung 1
50 Lengan neraca setimbang 1
51 Penyetimbang lengan neraca 1
52 Pompa plastik 2
53 Lengan neraca beralur 1
54 Magnet batang 2
55 Kereta mini 2
56 Dudukan neraca beralur 1
57 Turbin dan rumah turbin 1
58 Selang plastik 2
59 Batang penunjuk muai 1
60 Dasar kompas 1
61 Pengapung magnet 2
62 Batang muai 1
63 Kompas 1
64 Kabel listrik dan jepitan mulut buaya 5
65 Batang bayang – bayang 1
67 Katrol ganda 1
68 Saklar 1
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil pengamatan di atas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Kualitas dari KIT IPA SD secara keseluruhan dapat dikatakan baik.
2. Kelengkapan spesifikasinya sudah baik dan sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
3. KIT IPA SD tidak sepenuhnya digunakan dan dimanfaatkan secara optimal oleh guru.
B. Saran
1. Guru sebaiknya merancang pembelajaran khususnya IPA yang menggunakan KIT IPA agar penanaman konsep kepada siswa berhasil.
2. Guru sebaiknya merawat dan memaksimalkan penggunaan KIT IPA dengan baik.
LAMPIRAN
FOTO KONDISI KIT IPA SD
DI SD N 2 KALIBAWANG
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
LAPORAN PENGEMBANGAN DIRI BIMBINGAN TEKNIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR JENJANG SE...
-
SKENARIO / RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Berdasarkan Draft Kurikulum 2013) I. Jenis sekolah : SD ...
-
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS FENOMENA ALAM DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SISW...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar