Sabtu, 06 Juli 2013

RPP IPS Berdasarkan Draft Kurikulum 2013


SKENARIO / RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Berdasarkan Draft Kurikulum 2013)

I.
Jenis sekolah
:
SD

Mata pelajaran
:
IPS

Kelas/semester
:
V ( lima )

Kurikulum
:
Kurikulum 2013
II.
Kompetensi Inti
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air

Kompetensi Dasar
:
Menunjukkan perilaku peduli , gotong royong , tanggung jawab dalam berpartisipasi penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.

Materi pokok
:
Lingkungan hidup

Indicator
:
1.    Menjelaskan pengertian lingkungan hidup
2.    Mengidentifikasi unsur – unsur lingkungan hidup
3.    Menjelaskan penyebab kerusakan lingkungan hidup
4.    Menjelaskan upaya penanggulangan dan pelestarian lingkungan hidup

Waktu
:
2 x 35 menit
III.
Pendekatan
:
CTL

Model pembelajaran/teknik
:
Cooperative learning/jigsaw

Metode
:
Diskusi, Picture and picture, dan Tanya-jawab


IV.
SKENARIO / STRATEGI PEMBELAJARAN

1.   A. Kegiatan Awal
:
5 menit

v  Apersepsi
:
Menurut kalian, sudahkan lingkungan sekolah dan tempat tinggal kita sehat ?
v  Motivasi
:
Guru memberikan penjelasan kepada siswa tentang pentingnya mempelajari materi ini.
v  Informasi
:
Guru memberitahukan tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan.


2.   B. Kegiatan inti
:

Ø  Eksplorasi :
Pada kegiatan ini guru :
1)         Melakukan tanya jawab materi pelajaran sebelumnya yang masih berkaitan dengan materi yang akan dipelajari.
2)         Menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan dipelajari dengan menggunakan tanya jawab.
3)         Memfasilitasi semua siswa untuk mengikuti diskusi.

Ø  Elaborasi :
Kegiatan I : Diskusi Kelompok
1)         Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
2)         Tiap kelompok secara mufakat menunjuk seorang siswa menjadi juru bicara kelompok.
3)         Guru membagikan potongan kertas yang berisi tema dan sub pokok bahasan yang akan menjadi bahan diskusi di kelompok
4)         Siswa berdiskusi sesuai dengan bahan diskusi yang ada dalam potongan kertas.
5)         Setiap kelompok diberi kesempatan waktu 5 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok yang lain memberi tanggapan dan masukan
6)         Guru dengan Tanya jawab, memberikan penguatan materi.
5 menit







25 menit

Kegiatan II : Picture And Picture

1)         Siswa dibagi menjadi 4 kelompok secara acak agar anggota kelompok tidak sama dengan kelompok I
2)         Setiap kelompok mendapatkan beberapa poster tentang kerusakan lingkungan dan poster tentang penanggulangannya.
3)         Siswa dalam kelompok mengurutkan yang diterima berdasarkan kronologis kejadiaannya.
4)         Siswa berdiskusi membuat deskripsi dibawah poster.
5)         Siswa menempelkan poster yang sudah diberikan deskripsinya di papan tulis.
20 menit

Ø  Konfirmasi
Pada kegiatan ini guru :
1)         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2)         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan.
3)         Guru memberikan pertanyaan – pertanyaan kepada siswa yang mengarah pada pengambilan kesimpulan.
4)         Bersama -  sama dengan bimbingan guru membuat kesimpulan.
5)         Siswa diberi kesempatan untuk mencatat dibuku tulis.
5 menit

C. Kegiatan Akhir
:
v  Evaluasi                    
:
Guru memberikan evaluasi kepada siswa dengan mengajak siswa keluar kelas untuk membersihkan lingkungan sekolah.
v  Refleksi                     
:
Guru  melakukan tanya jawab tentang pelaksanaan pembelajaran dengan pertanyaan – pertanyaan sebagai berikut :
1.         Kegiatan apa yang kamu lakukan tadi ?
2.         Apa yang kalian dapatkan dari pembelajaran tadi ?
3.         Kesulitan apa yang kalian temui ?
4.         Hal apa yang membuat kamu senang ?
10 menit





V.
SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN

1.            Sumber Belajar
Ø   Bahan Ajar IPS Lingkungan Hidup
2.            Media Pembelajaran
Ø    Poster  A4 kerusakan lingkungan hidup
Ø    Poster A4 penanggulangan kerusakan lingkungan hidup
Ø    Double type
Ø    Spidol
Ø    Penggaris

VI.

PENILAIAN (AUTHENTIC ASSESSMENT)

 

1.              LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS DALAM PEMBELAJARAN

No.
Nama siswa
Kegiatan
KET
Presentasi
Menanggapi
Bertanya
Menjawab
Total
1.

2.

3.

4.

5.

6







7







8







9







10








2.             LEMBAR PENILAIAN  PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER
NO
NAMA SISWA
 KARAKTER YANG DINILAI
KETERANGAN
Peduli
Gotong Royong / Kerjasama
Tanggung Jawab
1




Diisi dengan :
2




BT
3




MT
4




MB
5




MK
6





7





8





9





10






Keterangan :
BT        : 
Ø  Belum Terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang  dinyatakan dalam indikator).
MT       :
Ø  Mulai Terlihat (apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB       :
Ø  Mulai Berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK       :
Ø  Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

VII.    LAMPIRAN – LAMPIRAN

Kartu Pembelajaran (Untuk Contoh Skenario/Rencana Pembelajaran)
Model: Diskusi Kelompok ( Kegiatan I )

Kartu 1 ( Untuk Kelompok I )
Text Box: Selain manusia, bumi kita ini diisi oleh sejumlah makhluk hidup lainnya dan benda-benda mati. Makhluk hidup tersebut antara lain adalah berbagai tumbuhan, hewan dan jasad renik, sedangkan benda-benda mati yang dimaksud antara lain udara, air, dan tanah. Mereka berhubungan dan beradaptasi satu sama lain membentuk satu system yang dinamakan ekosistem. Manusia merupakan salah satu anggota di dalamnya yang berperan penting dalam kelangsungan jalinan hubungan yang terdapat dalam sistem tersebut. Inilah gambaran lingkungan hidup yang terdapat di bumi kita.
Diskusikan dengan kelompokmu :
1. Apa yang disebut lingkungan hidup itu ?

 












Kartu 2 ( Untuk Kelompok I )
Text Box: Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perilaku kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Berdasarkan pengertian tersebut, lingkungan hidup tersusun dari berbagai unsur yang saling berhubungan satu sama lain, yaitu unsur biotik, abiotik, dan sosial budaya.
Diskusikan dengan kelompokmu :
1. Sebutkan unsur biotik  lingkungan hidup !
2. Sebutkan unsur abiotik  lingkungan hidup!

 











Kartu 3 ( Untuk Kelompok III )
Text Box: Lingkungan hidup mempunyai keterbatasan, baik dalam hal kualitas maupun kuantitasnya. Dengan kata lain, lingkungan hidup dapat mengalami penurunan kualitas dan penurunan kuantitas. Penurunan kualitas dan kuantitas lingkungan ini menyebabkan kondisi lingkungan kurang atau tidak dapat berfungsi lagi untuk mendukung kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Kerusakan lingkungan hidup dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berdasarkan penyebabnya, kerusakan lingkungan dapat dikarenakan proses alam dan karena aktivitas manusia.

Diskusikan dengan kelompokmu :
1. Sebutkan kerusakan lingkungan hidup akibat peristiwa alam !
2. Sebutkan kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia !
 











Kartu 4 ( Untuk Kelompok IV )
Text Box: Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Pada pelaksanaannya, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat digunakan sebagai payung hukum bagi aparat pemerintah dan masyarakat dalam bertindak untuk melestarikan lingkungan hidup. Selain itu, usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan.

Diskusikan dengan kelompokmu :
1. Sebutkan usaha – usaha pelestarian lingkungan hidup !
2. Sebagai  seorang pelajar apa upaya yang dapat kalian lakukan dalam usaha pelestarian lingkungan hidup !

 











Poster  Pembelajaran (Untuk Contoh Skenario/Rencana Pembelajaran)
Model: Picture And Picture  ( Kegiatan II )

Poster 1 ( Untuk Kelompok I )
Text Box:               
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….


 












Poster 2 ( Untuk Kelompok I )
Text Box:                  
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….

 












Poster 3 ( Untuk Kelompok III )
Text Box:              
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….

 












Poster 4 ( Untuk Kelompok IV )
Text Box:             
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….
………………………………………..   …………………………………….  ……………………………………  …………………………………….

 








Kartu 2
(Untuk Kelompok Ahli 3 dan 4)



Semarang , ....................................... 2013
Guru Kelas V





WIDIYANTO
NIM : 0103512107

Tidak ada komentar: