SKENARIO / RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Berdasarkan Draft Kurikulum 2013)
I.
|
Jenis
sekolah
|
:
|
SD
|
|
Mata
pelajaran
|
:
|
IPS
|
|
Kelas/semester
|
:
|
V ( lima )
|
|
Kurikulum
|
:
|
Kurikulum 2013
|
II.
|
Kompetensi
Inti
|
:
|
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air
|
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Menunjukkan
perilaku peduli , gotong royong , tanggung jawab dalam berpartisipasi
penanggulangan permasalahan lingkungan hidup.
|
|
Materi
pokok
|
:
|
Lingkungan hidup
|
|
Indicator
|
:
|
1.
Menjelaskan pengertian
lingkungan hidup
2.
Mengidentifikasi unsur – unsur
lingkungan hidup
3.
Menjelaskan penyebab kerusakan
lingkungan hidup
4.
Menjelaskan upaya
penanggulangan dan pelestarian lingkungan hidup
|
|
Waktu
|
:
|
2 x 35 menit
|
III.
|
Pendekatan
|
:
|
CTL
|
|
Model
pembelajaran/teknik
|
:
|
Cooperative learning/jigsaw
|
|
Metode
|
:
|
Diskusi, Picture and picture,
dan Tanya-jawab
|
IV.
|
SKENARIO
/ STRATEGI PEMBELAJARAN
|
||||||||||
|
1. A.
Kegiatan Awal
|
:
|
5 menit
|
||||||||
|
|
||||||||||
|
2. B.
Kegiatan inti
|
:
|
|
||||||||
Ø
Eksplorasi :
Pada kegiatan ini guru :
1)
Melakukan tanya jawab materi pelajaran sebelumnya yang masih berkaitan
dengan materi yang akan dipelajari.
2)
Menggali pengetahuan siswa tentang materi yang akan dipelajari dengan
menggunakan tanya jawab.
3)
Memfasilitasi semua siswa untuk mengikuti
diskusi.
Ø
Elaborasi :
Kegiatan
I : Diskusi Kelompok
1)
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok.
2)
Tiap kelompok secara mufakat menunjuk
seorang siswa menjadi juru bicara kelompok.
3)
Guru membagikan potongan kertas yang
berisi tema dan sub pokok bahasan yang akan menjadi bahan diskusi di kelompok
4)
Siswa berdiskusi sesuai dengan bahan
diskusi yang ada dalam potongan kertas.
5)
Setiap kelompok diberi kesempatan
waktu 5 menit untuk mempresentasikan hasil diskusi sedangkan kelompok yang
lain memberi tanggapan dan masukan
6)
Guru dengan Tanya jawab, memberikan
penguatan materi.
|
5 menit
25 menit
|
||||||||||
|
Kegiatan II : Picture And Picture
|
|
|||||||||
1)
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
secara acak agar anggota kelompok tidak sama dengan kelompok I
2)
Setiap kelompok mendapatkan beberapa
poster tentang kerusakan lingkungan dan poster tentang penanggulangannya.
3)
Siswa dalam kelompok mengurutkan yang
diterima berdasarkan kronologis kejadiaannya.
4)
Siswa berdiskusi membuat deskripsi
dibawah poster.
5)
Siswa menempelkan poster yang sudah
diberikan deskripsinya di papan tulis.
|
20
menit
|
||||||||||
|
Ø Konfirmasi
Pada kegiatan ini guru :
1)
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2)
Guru bersama
siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan.
3)
Guru memberikan
pertanyaan – pertanyaan kepada siswa yang mengarah pada pengambilan
kesimpulan.
4)
Bersama - sama dengan bimbingan guru membuat
kesimpulan.
5)
Siswa diberi
kesempatan untuk mencatat dibuku tulis.
|
5 menit
|
|||||||||
|
C.
Kegiatan Akhir
|
:
|
|
10 menit
|
V.
|
SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
|
|
1.
Sumber Belajar
Ø Bahan
Ajar IPS Lingkungan Hidup
2.
Media Pembelajaran
Ø
Poster A4
kerusakan lingkungan hidup
Ø
Poster A4 penanggulangan kerusakan lingkungan
hidup
Ø
Double type
Ø
Spidol
Ø
Penggaris
|
VI.
|
PENILAIAN (AUTHENTIC ASSESSMENT)
|
1.
LEMBAR OBSERVASI AKTIVITAS DALAM
PEMBELAJARAN
No.
|
Nama siswa
|
Kegiatan
|
KET
|
||||
Presentasi
|
Menanggapi
|
Bertanya
|
Menjawab
|
Total
|
|||
1.
|
|
||||||
2.
|
|
||||||
3.
|
|
||||||
4.
|
|
||||||
5.
|
|
||||||
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
LEMBAR PENILAIAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER
NO
|
NAMA SISWA
|
KARAKTER YANG DINILAI
|
KETERANGAN
|
||
Peduli
|
Gotong Royong / Kerjasama
|
Tanggung
Jawab
|
|||
1
|
|
|
|
|
Diisi
dengan :
|
2
|
|
|
|
|
BT
|
3
|
|
|
|
|
MT
|
4
|
|
|
|
|
MB
|
5
|
|
|
|
|
MK
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT :
Ø Belum Terlihat
(apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).
MT :
Ø Mulai Terlihat (apabila
peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang
dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten).
MB :
Ø Mulai Berkembang
(apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang
dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MK :
Ø Membudaya
(apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan
dalam indikator secara konsisten).
VII. LAMPIRAN – LAMPIRAN
Kartu
Pembelajaran (Untuk Contoh Skenario/Rencana Pembelajaran)
Model: Diskusi
Kelompok ( Kegiatan I )
Kartu 1 ( Untuk Kelompok I )
Kartu 2 ( Untuk Kelompok I )
Kartu 3 ( Untuk Kelompok III )
Kartu 4 ( Untuk Kelompok IV )
Poster Pembelajaran (Untuk Contoh Skenario/Rencana
Pembelajaran)
Model:
Picture And Picture ( Kegiatan II )
Poster 1 ( Untuk Kelompok I )
Poster 2 ( Untuk Kelompok I )
Poster 3 ( Untuk Kelompok III )
Poster 4 ( Untuk Kelompok IV )
Kartu 2
(Untuk
Kelompok Ahli 3 dan 4)
Semarang
, ....................................... 2013
Guru Kelas V
WIDIYANTO
NIM
: 0103512107
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar